Header Ads

Tempat Belanja Batik Khas Cirebon

Postingan di Blog Semua Tentang Cirebon kali ini adalah berkaitan dengan kegiatan yang paling digandrungi oleh Ibu-Ibu, Tante-Tante, Nenek-Nenek (mungkin juga sih), mbak-mbak, pokoknya dari kaum hawa pokoknya alias wanita, cewek, gadis dan sebagainya. Yup, kegiatan itu tak lain dan tak bukan adalah belanja alias shopping.

Bukan mengenai belanja biasa yang akan ada di postingan ini, melainkan belanja yang berkaitan dengan kekayaan bangsa sendiri, warisan dari leluhur yang telah menjaga dan melestarikannya sampai saat ini kita masih bisa merasakan dan menikmatinya. 

Warisan leluhur itu adalah "Batik", apasih batik itu? Batik adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin batik (wax / malam) sebagai alat perintang warna. Pada pembuatan batik, lilin batik (malam) diaplikasikan pada kain untuk mencegah penyerapan warna pada saat proses pewarnaan. Definisi batik di atas telah disepakati oleh Konvensi Batik Internasional yang diadakan di Yogyakarta pada tahun 1997.

Motif batik khas Cirebon adalah megamendung, tapi banyak yang bilang itu motif batik naruto karena motfnya memang terlihat di kartun naruto. Mau punya batik dengan motif khas Cirebon "megamendung" tapi bingung belinya dimana?

Jawabannya adalah kalian tinggal pergi ke Daerah Trusmi, Trusmi adalah sentra batik di Cirebon. Banyak perajin ataupun outlet-outlet yang menjual batik khas Cirebonan. Untuk menuju ke Daerah Trusmi, kita bisa bisa ke sana dengan menggunakan angkutan umum karena banyak angkutan umum yang melewati daerah tersebut.

Akses Angkot Cirebon : GP
Akses Angkutan Umum : Bus AKDP jurusan Jakarta ataupun Bandung.

No comments

Jangan Ngejunk ya kawan...

Powered by Blogger.