Sabtu, 21 Juli 2012

Trayek Angkot Cirebon

Pada mulanya angkutan kota di Cirebon diberi kode G di depan kode angkotnya yang berasal dari kata Gunung Sari. Hal itu dikarenakan trayek angkutan kota Cirebon awalnya melalui daerah Gunung Sari. Setelah adanya Keputusan Walikota Cirebon No. 05 Th 1997, beberapa angkutan kota di Cirebon berubah kode awalan menjadi "D" yang berasal dari "Dukuh Semar" daerah terminal Cirebon berada.

Adapun trayek angkutan kota di Cirebon berdasarkan Keputusan Walikota Cirebon No. 05 Th 1997 dapat kalian lihat di bawah:
  • Angkot D1/AX
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Perumnas Selatan - Jl. A Yani - Jl. Kalijaga - Jl. Kesunean - Jl. Yos Sudarso - Jl. Benteng - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Cemara - Jl. Veteran - Jl. Kartini - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Diponegoro - Jl. Samadikun - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Syarief Abdurakman - Jl. Kantor - Jl. Yos Sudarso - Jl. Kesunean - Jl. Kalijaga - Jl. A. Yani - Perumnas Selatan - Perumnas Utara - Jl. Elang - Terminal Dukuh Semar

    Jaringan Trayek di Perumnas Selatan meliputi :
    Jl. Ciremai raya - Jl. Gn Guntur - Jl. Gn Kelud - Jl. Gn Salak - Jl. Gn Galunggung - Jl. Gn Merbabu - Jl. Gn Agung - Jl. Gn Bromo

    Jaringan Trayek di Perumnas Utara meliputi :
    Jl. Parkit - Jl. Rajawali - Jl. Elang. (tidak dilalui)

  • Angkot D2
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Kesambi - Jl. Ny Mas Gandasari - Jl. Pekiringan - Jl. Pekalipan - Jl. Pulasaren - Jl. Merdeka - Jl. Benteng - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Samadikun - Jl. Diponegoro - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Tuparev - Jl. Brgjend Dharsono - Jl. Perjuangan - Jl. Majasem - Jl. Kanggraksan - Jl. A Yani - Jl. Dukuh Semar - Terminal Dukuh Semar.

  • Angkot D3
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Jl. A. Yani - Jl. Kanggraksan - Jl. Kalitanjung - Jl. Pelandakan - Jl. Majasem - Jl. Perjuangan - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Pemuda - Jl. Dr. Cipto - Jl. RA Kartini - Jl. Karanggetas - Jl. Pekiringan - Jl. Petratean - Jl. Pulasaren - Jl. Lawanggada - Jl.Kesambi - Jl. Pangeran Drajat - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D4/BX
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Jl. A. Yani - Jl. Kanggraksan - Jl. Kalitanjung - Jl. Evakuasi - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Tuparev - Jl. Dr Wahidin - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Diponegoro - Jl. Samadikun - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Syarief Abdurakman - Jl. Pasuketan - Jl. Pekiringan - Jl. Pekalipan - Jl. Lawanggada - Jl. Kesambi - Jl. Pangeran Drajat - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D5
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Perumnas Selatan - Jl. Rajawali - Jl.Pangerang Drajat - Jl. Kutagara - Jl. Jagasatru - Jl. Pekawatan - Jl. Pulasaren - Jl. Merdeka - Jl. Kebumen - Jl. Pasuketan - Jl. Pekiringan - Jl. Petratean - Jl. Pulasaren - Jl.Lawanggada - Jl. Nyi Mas Gandasari - Jl. Pangeran Suryanegara - Jl. Sukalila Selatan - Jl.Siliwangi - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Dr. Cipto - Jl. Pangeran Drajat - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D6
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Kesambi - Jl. Ny Mas Gandasari - Jl. Tentara Pelajar - Jl. Dr.Cipto - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Siliwangi - Jl. Karanggetas - Jl. Pekiringan - Jl. Pekalipan - Jl. Lawanggada - Jl. Kesambi - Jl. Pangeran Drajat - Perumnas Utara - Perumnas Selatan - Jl. Elang - Terminal Dukuh Semar

    Jaringan Trayek di Perumnas Selatan meliputi :
    Jl. Ciremai Raya - Jl. Gn Tampomas - Jl. Gn Agung - Jl. Gn Merbabu - Jl. Gn Galunggung - Jl. Gn Salak - Jl. Gn Malabar - Jl. Ciremai Raya

    Jaringan Trayek di Perumnas Utara meliputi :
    Jl. Elang - Jl. Rajawali Raya

  • Angkot D7
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl.Kutagara - Jl.Jagasatru - Jl. lawanggada - Jl. Nyi Mas Gandasari - Jl. Pangeran Suryanegala - Jl.Sukalila Selatan - Jl.Siliwangi(Pasarpagi) - Jl.RA Kartini - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Raya Pilang - Kedawung - Jl. Tuparev - Jl. Dr. Cipto - Jl. Pemuda - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. A. Yani - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D8
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Dr. Cipto - Jl. Tuparev - Kedawung - Jl. Pilang Raya - Jl. Dr Wahidin - Jl.RA Kartini - Jl. Siliwangi - Jl. Karanggetas - Jl.Pekiringan - Jl.Petratean - Jl.Jagasatru - Jl. Kutagara - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Rajawali - Jl. Elang - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D9
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl.Kesambi - Jl.Dr Sudarsono - Jl. Dr. Cipto - Jl. Tuparev - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Evakuasi - Jl.Kalitanjung - Jl. Jendral Sudirman - Kebon Pelok - Sitopeng (BTN) - Benda Sitopeng Kebon Pelok - Jl. Katiasa - Jl. Dukuh Semar - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D10
    Terminal Dukuh Semar - Jl. Katiasa - Jl. Jend Sudirman - Jl. Kalitanjung - Jl. Evakuasi - Jl. Sekar Kemuning - Jl. Karya Mulya - Jl. Perjuangan - Jl. Baru PU Komplek Olah Raga Bima - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Pemuda - Jl. Dr. Cipto - Jl. Tentara Pelajar - Jl. Sukalila Selatan - Jl. Kalibaru Selatan - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Pelabuhan - Jl. Syarief Abdurakman - Jl. Pangeran Suyanegara - Jl. Parujakan - Jl. Pekalangan - Jl. Nyi Mas Gandasari - Jl. Tentara Pelajar - Jl. Dr. Cipto - Jl. Pemuda - Jl. Brigjen Dharsosno - Komplek Olah Raga Bima - Jl. Baru PU - Jl. Perjuangan - Jl. Karya Mulya - Jl. Sekar Kemuning - Jl. Evakuasi - Jl.Kalitanjung - Jl. Jend Sudirman - Jl. Katiasa - Jl. Terminal Dukuh Semar

  • Angkot GS
    Gunung Sari - Kanggraksan - kesambi - Cipto - Wahidin - Krucuk - Siliwangi - kesambi - kanggraksan - Sumber

  • Angkot GM/03
    Gunung Sari - PGC - Kesambi - Cipto - Krucuk - Pesisir - Cangkol - Mundu

  • Angkot GP
    Gunung Sari - Kedawung - Tuparev - Wahidin - Pesisir - Bahagia - Tentara Pelajar - Plered

  • Angkot GC/05
    Gunung Sari - Merdeka - Grage - Surya - Bahagia - Penggung - Ciperna

  • Angkot GM/06
    Gunung Sari - Hero - Klayan - Clancang

Angkutan Kota yang berawalan "G" sebagai kode trayeknya merupakan angkutan masa yang menghubungkan wilayah Kota Cirebon dengan Kabupaten Cirebon.

Tarif yang harus dibayarkan penumpang angkutan kota di Cirebon itu merupakan tarif flat, yang artinya uang yang harus dibayar oleh penumpang tidak berdasarkan jarak. Adapun tarif angkutan kota di Cirebon adalah sebagai berikut :
  1. Umum -- Rp 2500 (Jauh/dekat)
  2. Pelajar -- Rp 1500 (Jauh/dekat), dianggap pelajar jika memakai seragam sekolah.
Tapi tarif di atas tidak berlaku kepada penumpang pada angkot GP yang turun setelah daerah Plered (hal itu karena seharusnya trayek angkot GP hanya sampai Plered). Besaran tarif yang harus dibayar penumpang angkot GP yang turun setelah daerah Plered tergantung kebijakan supir angkutan kota masing-masing, tetapi tidak akan lebih dari lima ribu rupiah untuk penumpang umum dan tiga ribu lima ratus rupiah untuk pelajar.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kalian semua.

NB:
  • Trayek angkot yang saya beri warna merah, artinya angkot tersebut sudah tidak melalui jalur tersebut.
  • Jika ada perubahan tarif, akan segera saya update.

Reaksi:

30 komentar:

  1. komplit bener trayek nya gan..:).. kerja di organda yah.. he..he.. info yg sangat bermanfaat trims infonya.. :)

    BalasHapus
  2. makasih buat komennya.. Ane cuma warga Cirebon biasa yang termasuk angkoter (^_^)v. Alhamdulillah semua angkot yg ada di Cirebon udah ane coba..hehehe

    BalasHapus
  3. tarifnya masih sama ga mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir pas awal Januari 2013 sih tarifnya masih sama mas/mba

      Hapus
  4. ada yang tau? klo mw ke Carrefour yang bener pke angkot D6 dari Perum atau pke D8 dari terminal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dua2nya mas. Kalo pake D8 dari terminal lebih cepet karena memang jalurnya memang langsung menuju Jl. Cipto. Kalau naik D6 lebih lama karena jalur D6 yang mengarah ke cipto itu jalur akhir untuk balik ke PErum lagi

      Hapus
    2. maaf mas salah, D6 itu ga lewat carefour, kalau dari perum mending naek D6 turun di perempatan sunyaragi trus lanjut pake D8 trus turun depan carefour. Kalau naik D6, kejauhan jalan kakinya ntar. Kalau naik D5 dari perum juga bisa tapi ya itu alasannya yang saya kasih di balasan sebelumnya (seharusnya D5 bukan D6, maaf kalau salah)

      Hapus
  5. kalo dari pekiringan ke PGC naik angkot apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik angkot D5 langsung turun di depan PGC

      Hapus
  6. Numpang tanya gan bro
    Klo dari terminal mw ke karangampel naiknya apa ya?
    Makasih sebwlumnya..

    BalasHapus
  7. Klo mau ke jalan tuparev (patra jasa) dari stasiun cirebon naek jalur apa ya?

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau satu kali angkot, jalan ke arah jalan Kartini (MAsjid At-Taqwa) trus naik angkot D7. Kelemahannya jalur D7 muter dulu lewat Pilang baru masuk ke Tuparev.
      Kalau mau 2x angkot bisa jalan ke depan stasiun (Jalan Siliwangi) trus naik angkot D6 turun di perempatan Gunung Sari trus lanjut angkot GP atau D8 yang masuk ke Jalan Tuparev.

      Hapus
  8. Punten mas
    kalau dari tuparev ke krucuk naeknya angkot D berapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik D4 langsung turun di krucuk

      Hapus
  9. tolong info harga TRAYEK masing-masing jalur angkot di UPDATE ...gan............!

    BalasHapus
  10. maaf untuk tarif terupdate setelah adanya kenaikan harga BBM terakhir ane belum tau gan, nanti kalau udah tau baru ane posting lagi

    BalasHapus
  11. Dari dokter Cipto (kuburan sunyaragi) mau Ke stasiun Kejaksan naik angkot yg mana mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari kuburan, jalan dulu ke lampu merah sunyaragi. Lanjut naik D6. Kalau gak mau jalan ya, naik D5 dulu dari depan kuburan ke lampu merahnya (cuma sayang ongkosnya kalo gitu)

      Hapus
  12. mohon informasinya, kalau dari stasiun cirebon ke jl.pemuda, naik angkotnya yg D berapa ya? besok mau ke cirebon.... mohon informasinya... makasih....

    BalasHapus
  13. Mohon info, kalo dari stasiun cirebon ke sunyaragi naek angkot apa yah?
    Terima kasih...

    BalasHapus
  14. Dari celancang ke evakuasi naik angkot apa aja gan?

    BalasHapus
  15. dr tiga brlian ke RS ciremai naek angkot ap ya kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik D1 turun di lampu merah rajawali, lanjut naek D6 turun di lampu merah sunyaragi. Terus jalan sebentar ke arah kiri lampu merah sunyaragi

      Hapus
  16. Angkot dari terminal Cirebon Ke Stasiun Kereta Utama Cirebon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau terminalnya di bagian bus bukan elf, mending juga naik D7 tunggu di depan terminal. Turun di lampu merah rajawali, lanjut naik D5 atau D6 turun di depan stasiun

      Hapus
  17. Kalo ngangkot ke trusmi bisa ga?sampe cirebon skitar jam 9an pake kereta dari jakarta niy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari stasiun, jalan dulu ke depan stasiun terus naik D5, turun di lampu merah gunung sari, lanjut naik GP yang ke arah plered. Turun di pasar plered. Lanjut ke trusmi naik becak (deket koq naik becaknya).

      Hapus
  18. maap mas, warga baru di cirebon ni hehe..
    pengen tny nih kalo dr area untag / jl.perjuangan menuju ke jl,dr cipto itu pake trayek D brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas komennya, kalau dari perjuangan ke pemuda itu naik D3

      Hapus

Jangan Ngejunk ya kawan...