Sunday, July 22, 2012

Trayek Angkot Cirebon

Pada mulanya angkutan kota di Cirebon diberi kode G di depan kode angkotnya yang berasal dari kata Gunung Sari. Hal itu dikarenakan trayek angkutan kota Cirebon awalnya melalui daerah Gunung Sari. Setelah adanya Keputusan Walikota Cirebon No. 05 Th 1997, beberapa angkutan kota di Cirebon berubah kode awalan menjadi "D" yang berasal dari "Dukuh Semar" daerah terminal Cirebon berada.

Adapun trayek angkutan kota di Cirebon berdasarkan Keputusan Walikota Cirebon No. 05 Th 1997 dapat kalian lihat di bawah:
  • Angkot D1/AX
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Perumnas Selatan - Jl. A Yani - Jl. Kalijaga - Jl. Kesunean - Jl. Yos Sudarso - Jl. Benteng - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Cemara - Jl. Veteran - Jl. Kartini - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Diponegoro - Jl. Samadikun - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Syarief Abdurakman - Jl. Kantor - Jl. Yos Sudarso - Jl. Kesunean - Jl. Kalijaga - Jl. A. Yani - Perumnas Selatan - Perumnas Utara - Jl. Elang - Terminal Dukuh Semar

    Jaringan Trayek di Perumnas Selatan meliputi :
    Jl. Ciremai raya - Jl. Gn Guntur - Jl. Gn Kelud - Jl. Gn Salak - Jl. Gn Galunggung - Jl. Gn Merbabu - Jl. Gn Agung - Jl. Gn Bromo

    Jaringan Trayek di Perumnas Utara meliputi :
    Jl. Parkit - Jl. Rajawali - Jl. Elang. (tidak dilalui)

  • Angkot D2
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Kesambi - Jl. Ny Mas Gandasari - Jl. Pekiringan - Jl. Pekalipan - Jl. Pulasaren - Jl. Merdeka - Jl. Benteng - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Samadikun - Jl. Diponegoro - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Tuparev - Jl. Brgjend Dharsono - Jl. Perjuangan - Jl. Majasem - Jl. Kanggraksan - Jl. A Yani - Jl. Dukuh Semar - Terminal Dukuh Semar.

  • Angkot D3
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Jl. A. Yani - Jl. Kanggraksan - Jl. Kalitanjung - Jl. Pelandakan - Jl. Majasem - Jl. Perjuangan - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Pemuda - Jl. Dr. Cipto - Jl. RA Kartini - Jl. Karanggetas - Jl. Pekiringan - Jl. Petratean - Jl. Pulasaren - Jl. Lawanggada - Jl.Kesambi - Jl. Pangeran Drajat - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D4/BX
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Jl. A. Yani - Jl. Kanggraksan - Jl. Kalitanjung - Jl. Evakuasi - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Tuparev - Jl. Dr Wahidin - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Diponegoro - Jl. Samadikun - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Syarief Abdurakman - Jl. Pasuketan - Jl. Pekiringan - Jl. Pekalipan - Jl. Lawanggada - Jl. Kesambi - Jl. Pangeran Drajat - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D5
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Elang - Jl. Rajawali - Perumnas Selatan - Jl. Rajawali - Jl.Pangerang Drajat - Jl. Kutagara - Jl. Jagasatru - Jl. Pekawatan - Jl. Pulasaren - Jl. Merdeka - Jl. Kebumen - Jl. Pasuketan - Jl. Pekiringan - Jl. Petratean - Jl. Pulasaren - Jl.Lawanggada - Jl. Nyi Mas Gandasari - Jl. Pangeran Suryanegara - Jl. Sukalila Selatan - Jl.Siliwangi - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Dr. Cipto - Jl. Pangeran Drajat - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D6
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Kesambi - Jl. Ny Mas Gandasari - Jl. Tentara Pelajar - Jl. Dr.Cipto - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Siliwangi - Jl. Karanggetas - Jl. Pekiringan - Jl. Pekalipan - Jl. Lawanggada - Jl. Kesambi - Jl. Pangeran Drajat - Perumnas Utara - Perumnas Selatan - Jl. Elang - Terminal Dukuh Semar

    Jaringan Trayek di Perumnas Selatan meliputi :
    Jl. Ciremai Raya - Jl. Gn Tampomas - Jl. Gn Agung - Jl. Gn Merbabu - Jl. Gn Galunggung - Jl. Gn Salak - Jl. Gn Malabar - Jl. Ciremai Raya

    Jaringan Trayek di Perumnas Utara meliputi :
    Jl. Elang - Jl. Rajawali Raya

  • Angkot D7
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl.Kutagara - Jl.Jagasatru - Jl. lawanggada - Jl. Nyi Mas Gandasari - Jl. Pangeran Suryanegala - Jl.Sukalila Selatan - Jl.Siliwangi(Pasarpagi) - Jl.RA Kartini - Jl. Dr. Wahidin - Jl. Raya Pilang - Kedawung - Jl. Tuparev - Jl. Dr. Cipto - Jl. Pemuda - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. A. Yani - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D8
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Dr. Cipto - Jl. Tuparev - Kedawung - Jl. Pilang Raya - Jl. Dr Wahidin - Jl.RA Kartini - Jl. Siliwangi - Jl. Karanggetas - Jl.Pekiringan - Jl.Petratean - Jl.Jagasatru - Jl. Kutagara - Jl. Pangeran Drajat - Jl. Rajawali - Jl. Elang - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D9
    Teminal Dukuh Semar - Jl. Pangeran Drajat - Jl.Kesambi - Jl.Dr Sudarsono - Jl. Dr. Cipto - Jl. Tuparev - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Evakuasi - Jl.Kalitanjung - Jl. Jendral Sudirman - Kebon Pelok - Sitopeng (BTN) - Benda Sitopeng Kebon Pelok - Jl. Katiasa - Jl. Dukuh Semar - Terminal Dukuh Semar

  • Angkot D10
    Terminal Dukuh Semar - Jl. Katiasa - Jl. Jend Sudirman - Jl. Kalitanjung - Jl. Evakuasi - Jl. Sekar Kemuning - Jl. Karya Mulya - Jl. Perjuangan - Jl. Baru PU Komplek Olah Raga Bima - Jl. Brigjend Dharsono - Jl. Pemuda - Jl. Dr. Cipto - Jl. Tentara Pelajar - Jl. Sukalila Selatan - Jl. Kalibaru Selatan - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Pelabuhan - Jl. Syarief Abdurakman - Jl. Pangeran Suyanegara - Jl. Parujakan - Jl. Pekalangan - Jl. Nyi Mas Gandasari - Jl. Tentara Pelajar - Jl. Dr. Cipto - Jl. Pemuda - Jl. Brigjen Dharsosno - Komplek Olah Raga Bima - Jl. Baru PU - Jl. Perjuangan - Jl. Karya Mulya - Jl. Sekar Kemuning - Jl. Evakuasi - Jl.Kalitanjung - Jl. Jend Sudirman - Jl. Katiasa - Jl. Terminal Dukuh Semar

  • Angkot GS
    Gunung Sari - Kanggraksan - kesambi - Cipto - Wahidin - Krucuk - Siliwangi - kesambi - kanggraksan - Sumber

  • Angkot GM/03
    Gunung Sari - PGC - Kesambi - Cipto - Krucuk - Pesisir - Cangkol - Mundu

  • Angkot GP
    Gunung Sari - Kedawung - Tuparev - Wahidin - Pesisir - Bahagia - Tentara Pelajar - Plered

  • Angkot GC/05
    Gunung Sari - Merdeka - Grage - Surya - Bahagia - Penggung - Ciperna

  • Angkot GM/06
    Gunung Sari - Hero - Klayan - Clancang

Angkutan Kota yang berawalan "G" sebagai kode trayeknya merupakan angkutan masa yang menghubungkan wilayah Kota Cirebon dengan Kabupaten Cirebon.

Tarif yang harus dibayarkan penumpang angkutan kota di Cirebon itu merupakan tarif flat, yang artinya uang yang harus dibayar oleh penumpang tidak berdasarkan jarak. Adapun tarif angkutan kota di Cirebon adalah sebagai berikut :
  1. Umum -- Rp 2500 (Jauh/dekat)
  2. Pelajar -- Rp 1500 (Jauh/dekat), dianggap pelajar jika memakai seragam sekolah.
Tapi tarif di atas tidak berlaku kepada penumpang pada angkot GP yang turun setelah daerah Plered (hal itu karena seharusnya trayek angkot GP hanya sampai Plered). Besaran tarif yang harus dibayar penumpang angkot GP yang turun setelah daerah Plered tergantung kebijakan supir angkutan kota masing-masing, tetapi tidak akan lebih dari lima ribu rupiah untuk penumpang umum dan tiga ribu lima ratus rupiah untuk pelajar.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kalian semua.

NB:
  • Trayek angkot yang saya beri warna merah, artinya angkot tersebut sudah tidak melalui jalur tersebut.
  • Jika ada perubahan tarif, akan segera saya update.

Reactions:

60 comments:

  1. komplit bener trayek nya gan..:).. kerja di organda yah.. he..he.. info yg sangat bermanfaat trims infonya.. :)

    ReplyDelete
  2. makasih buat komennya.. Ane cuma warga Cirebon biasa yang termasuk angkoter (^_^)v. Alhamdulillah semua angkot yg ada di Cirebon udah ane coba..hehehe

    ReplyDelete
  3. tarifnya masih sama ga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir pas awal Januari 2013 sih tarifnya masih sama mas/mba

      Delete
  4. ada yang tau? klo mw ke Carrefour yang bener pke angkot D6 dari Perum atau pke D8 dari terminal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dua2nya mas. Kalo pake D8 dari terminal lebih cepet karena memang jalurnya memang langsung menuju Jl. Cipto. Kalau naik D6 lebih lama karena jalur D6 yang mengarah ke cipto itu jalur akhir untuk balik ke PErum lagi

      Delete
    2. maaf mas salah, D6 itu ga lewat carefour, kalau dari perum mending naek D6 turun di perempatan sunyaragi trus lanjut pake D8 trus turun depan carefour. Kalau naik D6, kejauhan jalan kakinya ntar. Kalau naik D5 dari perum juga bisa tapi ya itu alasannya yang saya kasih di balasan sebelumnya (seharusnya D5 bukan D6, maaf kalau salah)

      Delete
  5. Kalau misalkan dari terminal Cirebon mau ke daerah klayan naik angkot apa saja mas??

    ReplyDelete
  6. kalau dari terminal harjamukti ke trusmi itu naiknya yang mana??

    ReplyDelete
  7. klo dari stasiun kejaksan mau ke pasar kue weru plered naik angkot yg mana ya gan? makasih gan..

    ReplyDelete
  8. kalo dari pekiringan ke PGC naik angkot apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik angkot D5 langsung turun di depan PGC

      Delete
  9. Numpang tanya gan bro
    Klo dari terminal mw ke karangampel naiknya apa ya?
    Makasih sebwlumnya..

    ReplyDelete
  10. Klo mau ke jalan tuparev (patra jasa) dari stasiun cirebon naek jalur apa ya?

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau satu kali angkot, jalan ke arah jalan Kartini (MAsjid At-Taqwa) trus naik angkot D7. Kelemahannya jalur D7 muter dulu lewat Pilang baru masuk ke Tuparev.
      Kalau mau 2x angkot bisa jalan ke depan stasiun (Jalan Siliwangi) trus naik angkot D6 turun di perempatan Gunung Sari trus lanjut angkot GP atau D8 yang masuk ke Jalan Tuparev.

      Delete
  11. Punten mas
    kalau dari tuparev ke krucuk naeknya angkot D berapa ya??

    ReplyDelete
  12. tolong info harga TRAYEK masing-masing jalur angkot di UPDATE ...gan............!

    ReplyDelete
  13. maaf untuk tarif terupdate setelah adanya kenaikan harga BBM terakhir ane belum tau gan, nanti kalau udah tau baru ane posting lagi

    ReplyDelete
  14. Dari dokter Cipto (kuburan sunyaragi) mau Ke stasiun Kejaksan naik angkot yg mana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari kuburan, jalan dulu ke lampu merah sunyaragi. Lanjut naik D6. Kalau gak mau jalan ya, naik D5 dulu dari depan kuburan ke lampu merahnya (cuma sayang ongkosnya kalo gitu)

      Delete
  15. mohon informasinya, kalau dari stasiun cirebon ke jl.pemuda, naik angkotnya yg D berapa ya? besok mau ke cirebon.... mohon informasinya... makasih....

    ReplyDelete
  16. Mohon info, kalo dari stasiun cirebon ke sunyaragi naek angkot apa yah?
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  17. Dari celancang ke evakuasi naik angkot apa aja gan?

    ReplyDelete
  18. dr tiga brlian ke RS ciremai naek angkot ap ya kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik D1 turun di lampu merah rajawali, lanjut naek D6 turun di lampu merah sunyaragi. Terus jalan sebentar ke arah kiri lampu merah sunyaragi

      Delete
  19. Angkot dari terminal Cirebon Ke Stasiun Kereta Utama Cirebon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terminalnya di bagian bus bukan elf, mending juga naik D7 tunggu di depan terminal. Turun di lampu merah rajawali, lanjut naik D5 atau D6 turun di depan stasiun

      Delete
  20. Kalo ngangkot ke trusmi bisa ga?sampe cirebon skitar jam 9an pake kereta dari jakarta niy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari stasiun, jalan dulu ke depan stasiun terus naik D5, turun di lampu merah gunung sari, lanjut naik GP yang ke arah plered. Turun di pasar plered. Lanjut ke trusmi naik becak (deket koq naik becaknya).

      Delete
  21. maap mas, warga baru di cirebon ni hehe..
    pengen tny nih kalo dr area untag / jl.perjuangan menuju ke jl,dr cipto itu pake trayek D brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas komennya, kalau dari perjuangan ke pemuda itu naik D3

      Delete
    2. oo ok sip masbro.. begitu jg sebalik na ya?

      Delete
  22. salam kenal mas. saya reza dr palimanan. begini mas, sy dan keluarga ada rencana membeli 1atau2 unit angkot (seken) di kota. trayek D4 atau D6. tahun nya mobil kisaran tahun 93 dan 94. kira kira kendala apa saja yg mungkin akan terjadi buat saya kedepan? trus terang mas sy lg bingung nih kenapa angkot trayek itu dan tahun tahun itu ramai sekali dijual akhir akhir ini? sy takut udah sy beli ternyata ada apa apa dikemudian hari..

    ReplyDelete
  23. Kalo dari Krucuk Mau ke SMAN 2 Cirebon itu bagaimana mas? Maklum bukan warga cirebon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari Krucuk ke SMAN 2 Cirebon naik angkot D5, kalau sebaliknya naik D6

      Delete
  24. numpang nanya kalau mau ke sma 4 naik apa ya dari cirebon , terima kasih sebelumnya kalau ada yang tahu

    ReplyDelete
  25. kalau mau ke sma 4 naik apa ya dari terminal cirebon , trim sebelumnya

    ReplyDelete
  26. pengen muter sehari di cirebon enaknya kmn ya mas? rencana nyampe zuhur trus nginep di tmpt 24 jam gitu....

    ReplyDelete
  27. Siang mas, mau minta info...kebetulan suami saya mau ke jakarta dengan kereta api dari stasiun Kejaksaan. Namun krn jadwalnya keretanya berangkat malam (21.55) dia bingung apakah masih ada kendaraan umum/angkot yang beroperasi di atas jam 20.00 ? Sebagai info, mess suami ada di daerah Ciperna... tksh sebelumnya.

    ReplyDelete
  28. misalkan dari plered mau ke kalitanjung itu naaiknya apa yaa ?
    orang baru :D

    ReplyDelete
  29. Di mana-mana (web, blog, dll) trayek D1 tertulis seperti itu, tapi di kenyataan tidak. Tolong diperbarui mas. Matursuwun.

    ReplyDelete
  30. Kalau dari Arjawinangun mau ke hotel zamrud naik mobil apa yaa?

    ReplyDelete
  31. Gan kalau dari terminal mau ke kesambi dalem naik angkot D berapa?

    ReplyDelete
  32. Gan kalau dari terminal mau ke kesambi dalem naik D berapa?

    ReplyDelete
  33. Kalo dari terminal ke DEPNAKER CIREBON pake angkot D berapa ya?

    ReplyDelete
  34. Mau tanya mas, dari stasiun cirebon di jl. Siliwangi untuk menuju ke jl. Yos sudarso naik angkot D berapa?

    ReplyDelete
  35. Maaf mau tanya klo dr stasiun cirebon ke rsu waled jl siliwangi naek angkot apa ya? Mksh sebelumny

    ReplyDelete
  36. Maaf, mohon info nya untuk angkot dr stasiun cirebon ke Rsu Waled jl siliwangi naik angkot ap y? Mksh

    ReplyDelete
  37. Kalau mau ke rabbani yang di Jl.cipto MK itu dari terminal cirebon naik angkot jurusan apa ya ka ?

    ReplyDelete
  38. Gan kalo ke masjid at-taqwa dari Giant (rajawali) naik angkot D8 bukan?
    bales ya..
    thanks :)

    ReplyDelete
  39. Gan kalo ke masjid at-taqwa dari Giant (rajawali) naik angkot D8 bukan?
    bales ya..
    thanks :)

    ReplyDelete
  40. Gan kalo ke masjid at-taqwa dari Giant (rajawali) naik angkot D8 bukan?
    bales ya..
    thanks :)

    ReplyDelete
  41. Gan kalo ke masjid at-taqwa dari Giant (rajawali) naik angkot D8 bukan?
    bales ya..
    thanks :)

    ReplyDelete
  42. Hunian Modern Bersubsidi Terdekat Dengan Pusat Kota Cirebon. Sudah 30an unit akad kredit.
    +/- 4 Menit ke Jalan Raya Cirebon - Bandung
    +/- 10 menit ke Grage Mall & CSB
    +/- 10 menit ke Pusat grosir Batik Trusmi
    +/- 15 menit ke Stasiun Besar Cirebon (Kejaksan)

    ReplyDelete
  43. kalu mau ke jalan ciremai ke sma 3 cirebon , kalu kita turun di krucuk naik angkutan apa aja ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik angkot D6, turun di nurul amal terus jalan sedikit

      Delete
  44. saya dr palimanan mau ke sma 3 cirebon naik angkot atau elp apa aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik GP (GP suka ada yang sampai palimanan) turun di lampu merah Gunung Sari, lanjut naik angkot D5 yang ke arah Perum. Turun di Masjid Nurul Amal dan lanjut jalan kaki ke SMA 3 (SMA 3 sebelah Masjid Nurul Amal)

      Delete

Jangan Ngejunk ya kawan...